Wahyu Materi Gelap Menyelimuti Indonesia dan Wilayah Khatulistiwa Sunday, January 12, 2014 Assalamualaikum Ane sempet penasaran nih sama info dari kompas yang bilang kalo wilayah khatulistiwa itu diselimuti materi gelap. Nah lo... 5

Materi Gelap Menyelimuti Indonesia dan Wilayah Khatulistiwa

Assalamualaikum

Ane sempet penasaran nih sama info dari kompas yang bilang kalo wilayah khatulistiwa itu diselimuti materi gelap. Nah lo apasih sebenernya materi gelap? Ane makin penasaran aja nih apa itu semacam benda langit yang berkeliaran disekitar bumi atau malah "materi gelap" adalah materi selundupan atau semacam imigran gelap, imigran gelap dari luar bumi apa dong namanya kalo bukan alien??

Sebelum ane jelasin apa itu materi gelap, silahkan baca dulu beritanya berikut:

KOMPAS.com — Ben Harris, seorang ilmuwan dari University of Texas di Arlington, mengungkapkan gagasan bahwa khatulistiwa Bumi mungkin diselimuti oleh materi gelap.

Gagasan tersebut dilontarkan berdasarkan analisis data yang dikumpulkan oleh satelit GLONASS, GPS, dan Galielo selama 9 bulan.

Menurut data satelit itu, Bumi punya massa 0,005 hingga 0,008 lebih besar dari yang dinyatakan International Astronomical Union (IAU).

Harris seperti diberitakan New Scientist, Kamis (2/1/2014), mengatakan bahwa massa yang lebih besar itu bisa diterangkan oleh adanya materi gelap.

Harris mengatakan, kemungkinan ada piringan materi gelap dengan ketebalan 191.000 km dan diameter 70.000 km.

Materi gelap diduga menyusun 80 persen dari semesta. Namun, masih banyak yang belum diketahui tentang materi gelap, termasuk distribusinya di Tata Surya.

Gagasan tentang adanya materi gelap di sekeliling Bumi juga pernah dilontarkan oleh Steve Adler dari Institute of Advance Studies di Princeton, New Jersey, pada tahun 2009.

Menurutnya, materi gelap bisa menerangkan mengapa wahana antariksa bisa bergerak dengan kecepatan di luar dugaan ketika meninggalkan Bumi.

Tentang kesimpulan massa Bumi yang sedikit lebih besar, Harris belum memperhitungkan faktor gangguan gravitasi Bulan dan Matahari serta relativitas yang mungkin memengaruhi satelit.

Harris mengungkapkan gagasannya dalam pertemuan tahunan di American Geophysical Union pada Desember 2013 lalu
.<end of info>

Wikipedia.com - Sebenernya apa sih materi gelap itu? Nampaknya dari berita di atas materi gelap bukanlah alien atau makhluk asing, tapi materi gelap adalah materi yang tidak dapat dideteksi dari radiasi yang dipancarkan atau penyerapan radiasi yang datang ke materi tersebut, tetapi kehadirannya dapat dibuktikan dari efek gravitasi materi-materi yang tampak seperti bintang dan galaksi. Perkiraan tentang banyaknya materi di dalam alam semesta berdasarkan efek gravitasi selalu menunjukkan bahwa sebenarnya ada jauh lebih banyak materi daripada materi yang dapat diamati secara langsung. Terlebih lagi, adanya materi gelap dapat menyelesaikan banyak ketidakkonsistenan dalam teori dentuman dahsyat.

Sebagian besar massa di alam semesta dipercaya berada dalam bentuk ini. Menentukan sifat dari materi gelap juga dikenal sebagai masalah materi gelap atau masalah hilangnya massa, dan merupakan salah satu masalah penting dalam kosmologi modern.

Pertanyaan tentang adanya materi gelap mungkin tampak tidak relevan dengan keberadaan kita di bumi. Akan tetapi, ada atau tidaknya materi gelap ini dapat menentukan takdir terakhir dari alam semesta. Kita mengetahui bahwa sekarang alam semesta mengalami pengembangan karena cahaya dari benda langit yang jauh menunjukkan adanya pergeseran merah. Banyaknya materi biasa yang terlihat di alam semesta tidaklah cukup untuk membuat gravitasi menghentikan pengembangan, dan dengan demikian pengembangan akan berlanjut selamanya tanpa adanya materi gelap. Pada prinsipnya, jumlah materi gelap yang cukup di alam semesta dapat menyebabkan pengembangan alam semesta berhenti, atau kebalikannya (yang akhirnya membawa kita pada Big Crunch). Pada praktiknya, sekarang banyak anggapan bahwa gerakan-gerakan alam semesta didominasi oleh komponen lainnya, energi gelap.

Diperkirakan 84,5% dari materi di alam semesta dan 26,8% dari seluruh isi alam semesta adalah materi gelap.

Related Posts On Info ,pengetahuan

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar apa saja yang penting sopan dan saling menghargai. Salam kenal :)
Semoga materi blog ini bermanfaat ;)


Copyright © Game Ringan PC Android dan Java

Sponsored By: Free For Download Template By: Fast Loading Seo Friendly Blogger Template